Entri Populer

Jumat, 21 Januari 2011

Tenaga Dalam CAKRA MURTI

TUJUH CAKRA UTAMA

Di dalam tubuh manusia Cakra yang telah aktif berguna sebagai kendali, penggerak dan pemberi daya hidup kepada alat-alat organ tubuh manusia. Juga merupakan lambang pusat energi psikis guna keseimbangan antara ke empat buah fungsi utamanya, yaitu :
berfikir, merasakan, sentuhan dan intuisi.
Berdasarkan ajaran Yoga bahwa didalam tubuh manusia terdapat tujuh Cakra Utama yang merupakan pusat energi psikis, diantaranya :

1. Cakra Dasar atau Muladara Cakra (Basic Cakra)
Terletak diujung sumsum tulang belakang (dekat tulang Coccygeus), merupakan pusat energi yang dapat menyebar kesetiap Cakra didalam tubuh manusia

2. Cakra Pusar atau Manipura Cakra (Navel Cakra)
Terletak di daerah pusar.

3. Cakra Pankreas
Terletak di daerah Pankreas.

4. Cakra Jantung ( depan dan belakang ) atau Anahata Cakra
Terletak di daerah jantung.

5.Cakra Tenggorokan atau Vishuda Cakra (Larynx Cakra)
Terletak di daerah tenggorokan.

6. Cakra Adnya
Terletak didaerah antara kedua alis.

7. Cakra Mahkota atau Sahasara Cakra
Terletak di ujung ubun-ubun (Crown Head) yang merupakan pusat inti kesadaran tertinggi di dalam tubuh manusia.

Yoga yang Dimodifikasi

Ajaran (Ilmu) Yoga tumbuh pertama kalinya di India, yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok dunia. Di Indonesia khususnya banyak perguruan olah raga baik yang menyangkut tenaga dalam maupun tidak, dasar gerakannya mengambil dari Assanas Yoga, hanya saja sudah dimodifikasi sehingga mudah untuk dipelajari dengan makna yang tetap. Demikian juga dengan sistim / methoda Meditasi.

Belajar Yoga secara normal ternyata memakan waktu tahunan malahan puluhan tahun melakukan assanas Yoga yang di bimbing oleh seorang guru Yoga mungkin baru dapat berhasil untuk membuka beberapa Cakranya. Dapat dibayangkan betapa sulitnya untuk membuka Cakra dengan cara tersebut. Keberhasilan seseorang belajar Yoga dapat diukur dari terbukanya Cakra-cakra yang terdapat pada tubuhnya.

Dasar senam pernafasan PCM diambil dari Assanas Yoga. Setelah dimodifikasi tanpa mempengaruhi makna dan tujuan dari gerakannya masing-masing, sangat mudah untuk dipelajari, effektif dan tidak berat. Dengan bertitik awal mulai belajar senam pernafasan ala PCM, dengan Cakra-cakranya yang telah terbuka, ternyata kemajuan yang diperoleh sangatlah pesat.

Dalam tempo empat bulan saja, terbukti semua anggota PCM merasakan hal-hal sebagai berikut :

- Kesehatan meningkat sebagai contoh : bagi mereka yang mengidap penyakit Jantung, darah tinggi dan rendah, kepala sering pusing-pusing, stress dan lain-lain, ternyata tidak pernah merasakan kambuh lagi dan bagi yang baru masuk kesehatannya memang baik dirasakan menjadi lebih fit.

- Merasa aman dan lebih percaya diri.

- Telah dapat menggunakan tenaga dalamnya antata lain sebagai berikut :
a. Meditasi
b. mendeteksi kekuatan (getaran) jarak dekat dan jauh.
c. Mengirim kekuatan (Transfrer Power) jarak dekat dan jauh.
d. Membuat diri kebal akan pukulan dan senjata tajam.
e. Pemecahan benda-benda keras seperti : kikir, pompa Dragon, balok es, batu kali dan lain-lainnya.
f. Menyerang dan bertahan dengan menggunakan tenaga dalam dan lain-lainnya.

Proses Pembukaan / Pengaktifan CAKRA

Atas restu dan karunia-Nya, Guru Besar PCM ternyata mampu merangsang dengan kekuatan daya Prana untuk membuka dan mengaktifkan semua Cakra yang terdapat pada tubuh manusia termasuk ke tujuh Cakra Utama dalam tempo yang relatif singkat (sekitar 5 menit).

Dengan terbukanya semua simpul kekuatan (Cakra), anggota PCM dengan mudah dapat membangkitkan dan menggunakan tenaga dalamnya. Kekuatan tenaga dalam tersebut timbul dari reaksi kekuatan Kosmik Negatif yang terdapat di Muladara Cakra dan Kosmik Positif yang terdapat di Cakra Mahkota.

Sistimatika dan Materi Latihan


Latihan dapat dilakukan setelah terlebih dahulu cakra-cakra nya diaktifkan.

Latihan dimulai dengan berdoa memohon lindungan dari Yang Maha Kuasa agar selama latihan tidak tidak ada gangguan dari manapun juga.

Dilanjutkan dengan Senam Peregangan dikombinasikan dengan penarikan nafas.

Sebelum dilatih cara menggunakan tenaga dalam maka diajarkan teknik pernafasan yang tepat dan teknik untuk membangitkan tenaga dalam.

Untuk meningkatkan tenaga prana dilakukan Senam Pernafasan Baku Cakra Murti yang berasal dari senam yoga yang telah dimodifikasi. Latihan Senam Pernafasan ini sangat mudah untuk dilakukan.

Diantara teknik penggunaan tenaga dalam adalah Transfer Tenaga Prana pada suatu benda hidup ataupun mati. Transfer Power ini berguna bagi perlindungan benda tersebut ataupun juga berguna bagi penyembuhan penyakit. Beberapa cara diajarkan juga bagaimana mendeteksi Tenaga Prana yang telah ditransfer.

Latihan Meditasi dilakukan untuk mensucikan dan pembersihan lahir dan bathin kita agar diperoleh jiwa dan raga yang sehat. Latihan meditasi juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan imajinasi.


Sesuai dengan tingkat nya materi latihan adalah sebagai berikut :

Pada Tingkat Dasar diajarkan berbagai pemahaman / pengertian dasar dari :
latihan, teknik pernafasan, meditasi dan penggunaan tenaga dalam baik untuk menyerang ataupun
bertahan.

Pada Tingkat Madya diajarkan berbagai teknik lanjutan dari materi Tingkat Dasar ditambah
dengan teknik melumpuhkan lawan serta teknik pukulan jarak jauh.

Tingkat selanjutnya adalah Tingkat Utama.



GURU BESAR

Bapak Prof. Dr. IGK Putra Wirawan



PORTEDA CAKRA MURTI
PORTEDA CAKRA MURTI merupakan singkatan dari " Perguruan Olah Raga Tenaga Dalam CAKRA MURTI " (PCM) (PCM) adalah sebuah perguruan olah raga bela diri yang berdasarkan pada tenaga dalam yang diperoleh dengan melakukan senam pernafasan yoga yang telah dimodifikasi, sehingga sangat mudah untuk dipelajari.
Tenaga Dalam selain dapat digunakan sebagai Bela Diri, meningkatkan Kesehatan, dapat juga dipakai untuk Pengobatan / Penyembuhan Alternatif bagi diri sendiri maupun orang lain.
Perguruan Olah Raga Tenaga Dalam Cakra Murti. Tenaga Dalam, bersumber dari Prana yang diolah dengan senam pernafasan yoga yang telah dimodifikasi, berguna bagi : Bela Diri, Kesehatan dan Pengobatan.
PCM telah terdaftar secara resmi di Kejaksaan sejak 16 Febuari 1993.
Dilihat dari arti katanya, " CAKRA MURTI " (CM) dapat diartikan sebagai berikut :
Kata "CAKRA" berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti RODA atau CAKRAM, yaitu benda yang berbentuk bulat yang tengahnya berlubang dan dibagian pinggirnya tajam.
Di dalam setiap tubuh manusia terdapat jalinan simpul-simpul urat syaraf yang membentuk lingkaran dan menyerupai Cakram yang juga dinamakan CAKRA.
"MURTI" sendiri berarti Bentuk Penampilan.
Jadi secara umum Cakra Murti dapat diartikan :
-- Suatu kekuatan inti yang terdapat didalam tubuh manusia yang mengeluarkan atau menampilkan suatu kekuatan yang sangat ampuh --.
Keunikan PCM yaitu simpul-simpul kekuatan yang berada di dalam tubuh Astral (Cakra) para anggotanya, ternyata dapat dirangsang untuk diaktifkan /dibuka cakranya oleh Guru Besar, dalam tempo yang relatif singkat (kurang lebih 5 menit).
Dengan terbukanya Cakra tersebut, selanjutnya para anggotanya tinggal berlatih merasakan getaran, membangkitkan dan meningkatkan tenaga dalam, belajar menggunakan secara effektif melalui latihan rutin.
Dasar senam pernafasan PCM diambil dari Assanas Yoga. Setelah dimodifikasi tanpa mempengaruhi makna dan tujuan dari gerakannya masing-masing, sehingga sangat mudah dipelajari, effektif dan tidak ada yang berat. Dengan bertitik awal mulai belajar senam pernafasan ala PCM, dengan Cakra-cakra yang telah terbuka ternyata kemajuan yang diperoleh adalah sangat pesat.



sumber : http://self-defense.freeservers.com/bela-diri/cakra-murti.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar